Saturday, August 10, 2013

Lebaran Holiday!

Geez, I've never felt a holiday like this before.


backsound: Firasat - Raisa (OST Rectoverso)


Hi!

So, gue udah lama banget gak update blog soalnya gue keasikan menikmati liburan terakhir gue sebelum bener-bener resmi sebagai anak SMA. Gaboleh disia-siain, gue tau gue bakal sangat merindukan liburan. Naaaah, sekarang gue mau bahas apa aja yang gue dapatkan selama liburan ini ho-ho-ho.

Gue bener-bener harus jujur deh sama kalian. Merasa telah menemukan bakat dan minat nih gue hahaha. Gue sekarang (atau mulai dari dulu, tapi gue gasadar) sangat amat tertarik dengan film. Maksudnya bukan demen update dan nonton-nonton film terbaru, tapi lebih ke arah film-making-nya. Apa ya? Ini sesuatu yang beda dari photography, karena gue masih susah mengekspresikan apa yang gue masuk dalam satu jepretan gambar. Walau udah disuguhin sekian macam pelatihan buat motret, passion di membuat film lebih tinggi.

Film itu apa ya? Kumpulan 'potret-potret' yang dikemas sedemikian rupa jadi gambar bergerak. Konsep dasarnya sih itu. Tapi bagi gue, film itu adalah cerita hidup. Kalo misalnya selama ini gue berkutat dengan novel, cerpen, cerbung dan sebagainya, itu kan masuk suatu cerita dengan imajinasi yang harus nyampe. Nah kalo film itu lebih ke arah...ekspresi dari imajinasi yang kita dapet waktu lagi baca cerita. Ribet ya?

Film itu rata-rata sih durasinya panjang, sekitar 90 menitan. Ya itu film-film di bioskop. Gue suka sih film yang gitu, tapi anehnya gue lebih suka film-film pendek durasi 5-20 menit. Why? Karena bener-bener sederhana, peraturannya adalah lu harus mengekspresikan dan merangkum semua emosi dalam waktu yang singkat, dan harus ngena banget! Itu tantangannya, dan gue suka tantangan.

Anyway, yang menginspirasi gue buat jadi short-film-maker itu adalah.............

BANG JOKO ANWAR!!!!!! [source]

Siapa sih yang gak tau Joko Anwar gitu loh? Kudet ente?

Ini adalah filmmaker Indonesia favorit gue. Beliau udah berkutat di dunia per-film-an sedemikian jauh sampe udah menghasilkan beberapa karya layar lebar kayak Janji Joni, Modus Anomali, Kala, dan lain-lain. Sekarang gue sering banget update dan fudul-fudul twitter beliau, @jokoanwar. Dan tebak kawan, dia orang Medan! Fate, Bang! Fate dengan saya!

Gue kenal beliau lebih jauh dari film-film pendek yang beliau buat. Berhubung gue lebih suka film-film yang mengangkat dari realitas kehidupan dan gak berbelit-belit (walau kadang suka penasaran sama yang horror dan thriller), gue lebih kena di film pendek beliau yang 'Fresh to Move On'. Ini membuka mata gue soal film-film romantis Indonesia. Maksud gue gak semuanya terlalu menye-menye, gak semuanya sok dramatis, gak semuanya mesum. Ada juga film-film (yang justru film pendeknya) yang bener-bener simpel dan well-told.


Cukup ngebahas film pendek, gue bakal beralih ke film yang lebih panjang. Lagi-lagi gue nyontohin film romantis, gapapa ya? Hahaha. No, I'm not a hopeless-romantic anyway-_- Tapi dari trailernya aja gue udah sangat kepincut sama film ini. Bener-bener menggugah gue banget. Cara film ini disampaikan itu ngena abis, dan emang, berkualitas semua sih pemainnya. Film apa coba kalo bukan...........

OMAYGAT. [source]

Jadi, film yang disutradarai sama 5 orang cewek-cewek keren ini adalah gabungan dari 5 film (short-film sih menurut gue mah) yang diangkat dari album musiknya Dewi 'Dee' Lestari. Terdiri atas: 'Malaikat Juga Tahu' yang disutradarai sama Marcella Zalianty, 'Firasat' yang disutradarai sama Rachel Maryam, 'Cicak di Dinding' yang disutradarai oleh Cathy Sharon, 'Curhat Sahabat' yang disutradarai oleh Olga Lydia, dan 'Hanya Isyarat' yang disutradarai oleh Happy Salma.

Gue jamin ya, lu bakal bener-bener amazed sama film ini. Cara masing-masing orang menghadirkan kisahnya emang beda-beda, tapi feel yang didapet dari keseluruhan cerita sih sama. Pokoknya gue acungin jempol sama film ini, dan recommended buat lu semua yang sedang berburu film;) Apalagi soundtrack-soundtrack-nya enak-enak parah.


Selain lebih tertarik ke dunia perfilman, ilham yang gue dapet dari liburan kali ini adalah, akhirnya, passion gue sama nulis yang sekian lama hilang, balik lagi! Gila, gue jadi gila nulis lagi. Ada beberapa proyek tulisan yang targetnya mau gue selesain pas akhir liburan. Termasuk, sebuah cerpen singkat yang sebenernya pengen banget gue angkat ke film pendek. Aduh, ngebayanginnya aja udah sakit perut.

Cerpennya gimana, Tan?
Wahahaha, sebenernya sih rahasia ya kan arsip pribadi gue. Tapi ya, kurang lebih soal percintaan sih, tapi beda banget dari cerpen-cerpen gue yang mungkin beberapa dari lu udah baca.

Wah, dari kisah nyata?
Nggak juga, pure fantasi gila gue.  Ini hasil lamunan gue di mobil, sedikit terinspirasi dari cerita yang pernah gue baca (gue lupa apa) dan sedikit bumbu hiperbola. Oke kan gue udah bilang gue lagi semangat nulis jadi kemana-mana selalu nemu ide yang bikin sakit perut. Mungkin dari kisah nyata orang-orang yang gak pernah gue temui.

Gue mau baca dong!
Kayanya cerpen ini gabakal gue publish hahaha soalnya ini spesial banget, pengen berjuang gue buat ngangkat ke film pendek, terus upload ke youtube, terus ketemu Bang Joko. GoshNamanya juga bermimpi, ya gak?

Liburan kali ini juga gue gak mudik, guys. Berhubung kakak gue mau nikah bulan November nanti dan kita juga males riweuh-riweuh mudik, jadinya cuma sekdar keliling-keliling Bogor-Jakarta aja. Tapi entah kenapa gue rasa liburan kali ini emang lebih ngena dari liburan-liburan sebelumnya yang selalu dihiasi suasana mudik. Kenapa ya? Mungkin karena lebih santai kali, dan kata Bokap gue sih, Ramadhan terakhir sama Mbak Sindy yang mau dibawa Bang Deni ke Medan. Hahahaha, jealous much, Pa?

Oh ya, alhamdulillah gue masuk IPA sesuai dengan minat gue. Gue masuk X MIPA 2 bersama beberapa sobat lama di SMP. Kayanya setahun ke depan juga bakal memorable banget, doakan aja. Waktu hari pertama masuk aja kita udah rariweuh dan bikin kelas rada-rada berantakan. Tapi biarlah, yang penting wajah kita tak berantakan.

Out of topic sih, tapi gue mau titip salam buat Dhanti yang bentar lagi mau jalan sama gue. Regita yang mau ngebolang bareng. Wulan yang udah pengen curhat ke gue nih kayanya dan juga buat kawan gue si Emir yang kemaren-kemaren kecelakaan, cepet sembuh ye. Oh ya sama si One! Mari ngobrol banyak, Kloningan! Buat yang mudik, hati-hati di jalan, have a safe and enjoyable journey!

Beberapa picts dari gue selama lebaran. Males mindahin yang lain-_-:

Di halaman samping [Gue-Papa-Mama-Mbak Sindy]
Tumben aja bisa selca sama Papa! Haha
Mama-Papa, ngakak sumpah

Oya, beberapa foto pas lamarannya Mbak Sindy

Keluarga calon mempelai wanita.
Keluarga calon mempelai pria.
NAH INI DIA!!!!!! foto favorit.
Dokter Deni dan Dokter Sindy. Langgeng!!

Iya emang gue jadi pengen dilamar bule-bule Perancis, 13 tahun lagi ya Mas, nunggu gue beres bedah syaraf hahaha. Nanti lu semua, bule-bule ganteng yang megang pisau bedah, gue giring semuanya ke KUA. Haduh ngebayanginnya bikin mules. Aminin kek.

And last but not least, gue mau kasih lirik lagu Firasat yang puitis, ngena dan enak banget. Gue nggak galau, tapi lagu ini emang bener-bener bikin gue pengen nulis cerita romantis yang bisa bikin nangis darah. Suaranya Mbak Raisa ngademin banget.

ʻʻKemarin, ku lihat awan membentuk wajahmu
Desau angin meniupkan namamu
Tubuhku terpaku semalam

Bulan sabit melengkungkan senyummu
Tabur bintang serupa kilau auramu
Aku pun sadari
Ku segera berlari

Cepat pulang
Cepat kembali jangan pergi lagi
Firasatku ingin kau 'tuk
Cepat pulang
Cepat kembali jangan pergi lagi

Akhirnya
Bagai sungai yang mendamba samudera
Ku tahu pasti kemana 'kan ku bermuara
Semoga ada waktu, sayangku

Ku percaya alam pun berbahasa
Ada makna di balik semua pertanda
Firasat ini
Rasa rindukah ataukah tanda bahaya?
Aku tak peduli
Ku terus berlari

Cepat pulang
Cepat kembali jangan pergi lagi
Firasatku ingin kau 'tuk
Cepat pulang
Cepat kembali jangan pergi lagi

Dan lihatlah sayang
Hujan turun membasahi
Seolah aku berair mata

Cepat pulang
Cepat kembali jangan pergi lagi
Firasatku ingin kau 'tuk
Cepat pulang
Cepat kembali jangan pergi lagi

Ku hanya ingin kau kembali

Firasatku ingin kau 'tuk
Cepat pulang
Cepat kembali jangan pergi lagi

Aku pun sadari, kau takkan kembali lagiʼʼ

---

Selamat Hari Raya Idul Fitri (2 hari yang lalu) buat semua umat Muslim di dunia, 1434 H, semoga bisa memperbaiki kualitas ibadah dan dapat bertemu Ramadhan-Syawal di tahun-tahun selanjutnya.

---

2 comments:

  1. damn gua belum dapet minat yeuh-___- tau deh yang berbakat film making maah:((

    ReplyDelete
    Replies
    1. minat lu potograpi pay '-')b taheee:((( ayo casting di pilem gue:(((

      Delete